Buat Akta Lahir, KIA & KK di Jakarta, Sekarang Gampang

December 14, 2020

Setelah 1 bulan pertama post melahirkan, proses menyusuiku dan baby Bey juga sudah mulai stabil.. baru deh kepikiran untuk bikin akta lahir, KIA (Kartu Identitas Anak), & KK (Kartu Keluarga).. kebetulan banget saat aku melahirkan di Tembuni belum ada fasilitas untuk mengurus akta lahir, KIA & KK.. tapi mulai September 2020 kemarin, Tembuni sudah punya fasilitas membantu pengurusan akta lahir, KIA & KK.. jadi makin mempermudah banget.. fasilitas yang bumil/ busui dapet bisa di baca selengkapnya di post ku yang ini “Persalinan Gentle Birth Ku di Tembuni”..

Di masa pandemi gini ditambah sambil ngurus baby di rumah, bingung banget mau ngurus akta lahir, KK & KIA.. syukurnya sekarang zaman digital yah hehe, aku langsung ingat awal nikah mengurus pindah KK dari Tangerang Selatan ke Jakarta Selatan & bikin eKTP baru itu di dinas dukcapil (Kependudukan & Catatan Sipil).. akhirnya aku iseng buka IG @disdukcapiljakarta dan aku scroll ke bawah, cari info pengurusan akta lahir anak.. dan Alhamdulillah dapat dong poster ini..

Aku langsung menghubungi nomor telfon kantor kelurahan sesuai alamatku di Petukangan Utara.. tapi telfon nya ga diangkat mulu, jadi aku langsung datang ke kantor kelurahan nya.. di teras depannya sudah ada syarat berkas-berkas yang di tempel di meja dan 3 box di atas meja.. ada box untuk berkas yang akan diurus, box hasil berkas yang selesai diurus, dan box untuk berkas yang salah/ kurang lengkap.. jadi meminimalisir kontak dengan petugas kelurahan juga..

PERSYARATAN

Aku langsung meletakkan berkas persyaratan di dalam map ke box yang sesuai.. isinya:

1. Surat Keterangan Lahir

Surat ini aku dapat langsung setelah lahir di Tembuni..

2. KK (Kartu Keluarga)

3. FC KTP ayah & ibu

4. FC Surat Nikah

Foto copy nya harus dari sampul halaman pertama buku nikah sampai halaman terakhir yah..

5. FC KTP 2 orang saksi

Saksu ini harus punya alamat domisili KTP di DKI Jakarta yah, kalau saksinya cuma ada yang domisili di luar DKI Jakarta mungkin bisa ditanyakan lagi harus gimana 😀

Oh ya, kita juga dapat form dari petugas kelurahan yang harus diisi & dikumpulkan bareng berkas yang kita bawa ya ke dalam box.. form nya ini:

✅ Surat pernyataan kebenaran data

✅ Surat pernyataan ingin mengurus akta lahir.. dan sudah melengkapi berkasnya

✅ Jangan lupa bawa 1 materai 6.000 yah untuk tanda tangan di form nya

Setelah itu, aku tinggal pulang dan menunggu petugas kelurahan menghubungi via WA.. oh ya, di salah satu form, aku sudah mengisi biodata yang menyertakan no. HP.. katanya si bisa ditunggu 2 minggu atau bahkan lebih cepat..

DAPAT 3in1: AKTA LAHIR, KIA, KK

Setelah 2 minggu, Alhamdulillah langsung jadi loh.. 

1. Akta Kelahiran

Jangan kaget yaa karena akta lahir sejak Januari 2020 bentuknya kertas putih HVS biasa, bukan kertas tebal seperti sebelumnya.. mungkin untuk mengurangi global warming atau anggaran negara atau apa yah ga ngerti hehe.. jadi aku saranin dilaminating saja biar ga rusak..

2. KIA (Kartu Identitas Anak)

Lucu banget kayak eKTP tapi warna pink hehe.. sudah lengkap dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) juga seperti di eKTP orang dewasa.. untuk KIA anak di bawah 5 tahun masih gapapa ga usah pakai foto diri..

3. KK (Kartu Keluarga) baru

KK baru nya sudah ada data lengkap  ayah, ibu, & anak.. jangan kaget juga karena KK sejak Januari 2020 bentuknya kertas putih HVS biasa, bukan kertas tebal biru seperti sebelumnya.. jadi aku saranin dilaminating biar ga rusak.. kelebihannya, KK sekarang ga perlu ditandatangani RT lagi, cukup ditandatangani kepala keluarga aja jadi lebih praktisss 😀

Jadi untuk moms yang tempat bersalinnya belum menyediakan fasilitas pengurusan akta kelahiran, KIA, & KK baru gausah khawatir.. sekarang pengurusannya di DKI Jakarta bebas biaya, cepat, & gampang banget 😀

Oh ya, pengalaman aku ini mengurus di kantor kelurahan Petukangan Utara, Jakarta Selatan yah.. seharusnya di Kantor Kelurahan lain ga jauh berbeda proses pengurusannya, selama masih di provinsi DKI Jakarta.. untuk lebih detail nya bisa ikuti info di IG Dinas Dukcapil Jakarta ini @disdukcapiljakarta.. semoga bermanfaat ya ❤️

You Might Also Like

0 Comments