Persalinan Gentle Birth Ku di Tembuni

November 12, 2020

Awal Hamil

Awal tau hamil, aku senenggg banget.. memang sudah aku rencanakan sejak awal menikah.. tapi tiba-tiba di bulan ke 2 pernikahan, aku didiagnosis PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). dengan berbagai usaha dan doa akhirnya aku hamil di bulan ke 4 pernikahan.. detail cerita promil (program hamil) ku ada di post ini ya “PCOS Bisa Hamil Ko”😉

Awal tau hamil di bulan desember 2019, aku berencana tetap kontrol di klinik dokter obsgyn tempatku konsultasi promil.. berhubung aku dan suami tipe yang ga terlalu suka coba-coba pindah dokter.. jadi selama masih nyaman, kita oke oke aja..


Tiba-tiba Pandemi Covid-19

Usia kehamilan 5 bulan

Tiba-tiba pandemi covid-19 muncul kann di bulan Maret 2020.. saat usia kehamilanku 5 bulan, aku jadi mikir 2x untuk merencanakan tempat persalinan.. soalnya, dokter obsgyn promilku ini menerima pasien bersalin hanya di RSPI Pondok Indah.. sedangkan kabar yang aku tau semua Rumah Sakit swasta di Jakarta udah jadi RS rujukan covid.. termasuk RSPI Pondok Indah..

Jadi aku mempertimbangkan RSIA (Rumah Sakit Ibu & Anak) untuk bersalin di masa pandemi ini.. dan kebetulan RSIA yang paling dekat dari rumahku adalah RSIA KMC (RSIA Kemang Medical Care).. walaupun ga dekat-dekat banget si..

Kontrol Kehamilan di RSIA

Usia kehamilan 6 bulan

Di usia kehamilan 6 bulan aku kontrol di RSIA KMC, aku coba kontrol dengan salah satu dokter perempuan di sana.. tapi sepertinya aku kurang nyaman, jadi aku masih cari dokter obsgyn lain.. setelah ngobrol dengan temanku yang pernah bersalin di RSIA KMC, aku dikasih tau kalau di dekat RSIA KMC, ada Rumah Bersalin yang pro gentle birth, namanya Tembuni.. yang praktek di sana juga dokter-dokter obsgyn RSIA KMC.. jadi kalau butuh fasilitas darurat untuk operasi SC (Sectio Caesarea) atau fasilitas lain, bisa langsung dirujuk ke RSIA KMC..

Awalnya aku ragu untuk bersalin di Tembuni.. dari dulu, saudara/ teman masih jarang yang bersalin di Rumah Bersalin.. kemudian setelah aku ikut kelas hypnobirthing dari Pro V Clinic, pikiranku jadi terbuka tentang proses gentle birth.. ini IG nya @provclinic.. intinya, bumil bisa lahiran dimana saja asal bumil nyaman dan dibantu persalinannya oleh tenaga medis yang ahli.. dengan teknik relaksasi dan induksi alami yang aku dapat dari kelas hypnobirthing.. insya Allah persalinan berjalan dengan lancar, aman, nyaman, dan minim trauma.. detailnya ada di post ini ya “Hypnobirthing Bikin Persalinan Lebih Nyaman” dan “Induksi Alami yang Bumil Wajib Tau” 😉..

Saat aku lihat IG Tembuni @lahirditembuni, ternyata di sana sangat pro gentle birth dan tempatnya juga nyaman bangettt.. aku benar-benar bisa didukung oleh tenaga medis di Tembuni untuk bersalin seperti yang aku inginkan.. Alhamdulillah banget dibukakan jalan oleh Allah SWT untuk bersalin di Tembuni..

Usia kehamilan 7 bulan

Sebelum aku memutuskan kontrol ke Tembuni.. saat usia kehamilan 7 bulan, aku kontrol di RSIA KMC dulu dengan dokter obsgyn konsultan fetomaternal, ini adalah dokter obsgyn yang mendalami deteksi kelainan pada janin/ bumil sebelum bersalin.. setelah kontrol dan USG 4D juga, Alhamdulillah janin dan bumil sehat.. Akhirnya aku putuskan untuk bersalin di Tembuni..

Memutuskan Ingin Lahir di Tembuni

Usia kehamilan 8 bulan

Di usia kehamilan 8 bulan aku baru kontrol di Tembuni.. kata bidannya gapapa, minimal 2x kontrol dengan dokter obsgyn di sini sebelum bersalin.. aku ga butuh waktu lama untuk pilih dokter di tembuni, kebetulan temanku ada yang pernah bersalin dengan dr. Hari, Sp.OG di Tembuni.. katanya dokternya recommended banget..

Setelah aku datang ke Tembuni, ternyata bener dong.. dokternya baiiik banget, sopan, ga buru-buru, lembut, kadang-kadang suka humoris jugaa,  dan buat yang beragam Islam, kadang dokternya juga suka share hadis-hadis loh yang berhubungan dengan kehamilan sampai nifas nanti.. dan yang paling penting dokter-dokter di Tembuni ini pro gentle birth.. sehingga bumil diedukasi untuk induksi alami dan mules kontraksinya bener-bener ditungguin datang alami.. jadi operasi SC, hanya disarankan kalau benar-benar ada indikasi yang serius saja..

Di Tembuni, bidan-bidannya baik dan ramah.. fasilitasnya juga lengkap, bikin bumil nyaman, dan pro gentle birth bangettt.. seperti ini:

✅ Kolam renang.. untuk bumil yang mau induksi alami dengan berenang

✅ Pekarangan di sekitar kolam.. untuk bumil yang mau induksi alami dengan jalan cepat

✅ Gym ball dan peanut ball.. untuk induksi alami saat proses bersalin

✅ Apollo massage roller.. untuk relaksasi otot punggung bawah bumil selama mules kontraksi

✅ Bathtub di kamar VVIP.. untuk bumil yang mau relaksasi dengan berendam air hangat

✅ Kursi goyang/ recliner di kamar.. untuk busui menyusui dengan nyaman dan bumil beristirahat..

✅ Lampu tidur di kamar yang terangnya bisa diatur.. untuk pencahayaan yang sesuai dengan kenyaman bumil/busui

✅ AC dan kipas angin di kamar.. untuk suhu ruangan yang sesuai kenyamanan bumil/busui

✅ Kasur King bed.. untuk busui dan suami bisa tidur langsung bersama baby, dengan “rooming in” busui dan baby dapat meningkatkan bonding dan melancarkan ASI juga loh..


Usia kehamilan 9 bulan

Di usia kehamilan 9 bulan/ 36 minggu aku kontrol dan alhamdulillah berat baby ku sudah 2900.. aku pede banget untuk mulai melakukan induksi-induksi alami, salah satunya accupressure, yang aku lakukan di usia kehamilan 37-38 minggu.. tepatnya pada 27 Juli 2020.. next time aku ceritain yah 😉..

30 Juli 2020

Tiba-tiba 3 hari setelah accupressure, aku keluar flek saat bangun tidur.. waah panik dong.. tapi belum mules sama sekali.. pagi itu juga aku ke Tembuni, ternyata mulesnya belum cukup teratur dan saat di periksa dalam, pembukaannya masih pembukaan 1.. jadi aku pulang lagi deh hehe..

1 Agustus 2020

2 hari setelah aku flek, aku mulai merasa mules yang signifikan nih.. hari itu aku sempat diobservasi 4 jam di Tembuni, dari jam 6-10 pagi.. aku jalan cepat keliling kolam renang Tembuni, sambil dzikir dan afirmasi positif untuk aku dan baby.. tapi setelah diperiksa ulang, katanya mulesnya belum sering dan juga baru pembukaan 2.. akhirnya aku pulang lagi deh hehee.. Oh ya, jika sudah pembukaan 4, baru aku bisa stay menunggu persalinan di Tembuni..


Alhamdulillah Berjodoh Lahir di Tembuni

2 Agustus 2020: 02.00

Keesokan harinya, 2 Agustus 2020 dini hari.. mulesku tiba-tiba muncul lebih sakit dan lebih sering dari sebelumnya.. sampe cubit-cubit dipan kasur coba.. Akhirnya jam 2 malam aku sampai di Tembuni, ditemani suami dan ibuku.. karena sudah persis ciri mules mau bersalin, yaitu:

✅ Nyeri dan pegal di perut bawah

✅ Perut hangat.

✅ Kontraksi 5-1-1 : dalam 5 menit, ada 1x kontraksi, selama 1 menit

Jika ada tanda di atas, lebih baik segera ke tempat bersalin ya 😉..

Setelah sampai Tembuni, benar aja.. aku udah pembukaan 5.. aku udah kesakitan banget, istighfar sambil genggam erat tangan suamiku/ mamaku.. berdiri rasanya sakit, jalan apa lagi.. akhirnya jam 2-5 pagi aku di Tembuni cuma tiduran di kasur sambil miring kiri..

Agustus 2020: 05.00 

Setelah jam 5 pagi di periksa dalam, pembukaannya belum maju dong.. masih pembukaan 5, astaghfirullah 😞.. padahal udah makin sakit dari sebelumnya, tenagaku mulai habis untuk tahanin sakit kontraksi.. aku lapar dan ngantuk.. susah mau tidur dan makan.. aku sempat nge down setelah tau pembukaannya ga maju dan tenagaku juga udah tinggal dikit.. sempet kepikiran, apa SC aja.. tapi hanya terbesit sekali.. setelah itu, bidannya bimbing aku untuk main gym ball.. dan ajaibnya.. saat aku main gym ball malah nyerinya ga begitu terasa, dan panggul lebih rileks..

Tiap kontraksi datang, aku minta suamiku pegang punggung bawahku dengan tangannya yang hangat sambil aku genggam tangan suamiku erat-erat.. buat bumil yang mau bersalin, mendingan gunting kuku dulu ya 😉 hehe.. dan memang induksi alami dengan gym ball ngefek banget buat akuu.. detail cara pakai gym ball sudah aku share di post ini ya “Induksi Alami yang Bumil Wajib Tau” 😀

2 Agustus 2020: 07.00

jam 7 pagi, pembukaanku langsung naik jadi pembukaan 7 😀 seneng bangett.. aku jadi lebih semangat.. Alhamdulillah juga setelah main gym ball aku sedikit capek dan akhirnya bisa tidur sebentar.. setelah bangun, aku main gym ball lagi sambil sedikit-sedikit disuapin makan roti.. 

sampai aku udah ga sanggup lagi main gym ball karena mulesnya udah makin parahhh.. saat diperiksa dalam, ternyata udah pembukaan 8, aku udah ga inget lagi itu jam berapa.. setelah pembukaan 8 aku hanya tiduran miring kiri sambil kakiku memeluk peanut ball, untuk mempertahankan panggul terbuka.. Cara pakai peanut ball juga udah ku share di post ini yaah “Induksi Alami yang Bumil Wajib Tau” 😉

2 Agustus 2020: mungkin sekitar 09.00

Akhirnya aku udah ga kuat dan minta di periksa dalam lagi.. ternyata udah pembukaan lengkap dan ketubanku pecah pas di periksa dalam😀.. happy baget.. walaupun sakit banget, tapi sebentar lagi ketemu baby.. bidannya mulai bimbing aku latihan mengejan, seperti ini:

✅ Tarik napas dari hidung

✅ Tahan napas sambil mengejan di perut seperti poop

✅ Mata melihat perut

✅ Tidak bersuara

Bidannya bilang, dokter belum sampe tapi udah ditelfon.. aku ga masalah bangett takdirnya lahir dibimbing siapapun.. gapapa, selama bumil dan baby sehat.. 


Assalamualaikum, Welcome to The World Bey

2 Agustus 2020: 09.34

Tiba-tiba dr. Hari, Sp.OG dateng, pas banget.. dokternya cek pembukaan.. kemudian, sekitar 3 kali mengejan.. Alhamdulillah jam 9.34 pagi, babyku Beyza Shaqueena Azalea lahir dengan berat 3.220 gram 😀.. terharu bangett.. Aku dan bey langsung IMD (Inisiasi Menyusui Dini).. Bey diletakkan tengkurep di dadaku selama 1 jam, sambil robekan di perineumku dijahit dokter.. dokter Hari juga sambil ngajak ngobrol-ngobrol.. pokoknya dokter yang menenangkan saat persalinan itu membantu banget buat aku..

Semoga ceritaku bisa bermanfaat ya.. untuk bumil yang lagi galau mau bersalin 😀.. semoga diberi jalan sama Allah mendapatkan yang terbaik untuk bumil dan baby !


You Might Also Like

0 Comments