PCOS bisa hamil kok

November 13, 2020

Juli 2019

Awal menikah di bulan Juli 2019, aku ga menunda hamil sama sekali.. tapi ga terlalu dipikirin juga, sedikasihnya Allah aja kapan waktu yang tepat untuk diberi amanah punya baby..

September 2019

Setelah 2 bulan menikah aku mulai insecure.. emang baru 2 bulan sih, bisa aja belum saatnya.. tapi feeling ku jadi pengen periksa aja ke dokter obsgyn.. mungkin aku kepikiran.. sejak kuliah, siklus haidku ga teratur, siklusnya panjang banget.. kadang kalau telat haid, kirain positif, pas test pack ternyata negatif.. mungkin karena sejak kuliah memang haid ku jarang-jarang.. ditambah lagi sejak kuliah-koas tinggal ga sama orang tua, jadi ga sehat deh pola makannya, sering makan junk food, dll ..

Akhirnya aku memutuskan kontrol ke dokter obsgyn konsultan fertilisasi, yaitu dokter spesialis obsgyn yang mendalami fertilisasi/ pembuahan untuk promil (program hamil).. kebetulan banget di dekat rumahku ada klinik Bamed.. ini IG nya @bamedwomensclinic, yang owner nya dr. Yassin, Sp.OG, K.FER.. dokter Yassin juga aktif banget di instagram mengedukasi masalah kehamilan dan promil.. ini IG nya @yassinbintang..

Pertama kontrol di Bamed, jadwalku ga cocok sama dokter Yassin, jadi aku kontrol dengan dokter obsgyn lain dulu.. setelah diperiksa lengkap ternyata aku didiagnosis PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).. aku kaget banget dan takut 😔..

apa si PCOS itu?

sesorang dikatakan PCOS jika memenuhi 2 dari 3 kriteria ini:

✅ Oligomenorrhea: siklus haid panjang (>35 hari)/ jarang haid

✅ Hiperandrogenism: kelebihan hormon pria (banyak jerawat, tumbuh kumis/jenggot/bulu di lengan dan kaki, dll)

✅ USG ditemukan gambaran PCO (Polycystic Ovarian): ovarium/ indung telur dengan folikel-folikel kecil yang banyak

Nah kelihatannya aku memenuhi 3 kriteria itu yah 😅 siklus haid ku jarang dari sejak kuliah.. kalau jerawat, alhamdulillah ga banyak.. tapi kalau bulu dari kecil kayaknya emang ada ya sedikit di kaki, lengan, kumis.. ditambah setelah periksa USG, hasilnya di ovarium kanan dan kiri ada gambaran PCO seperti ini.. 😔

Kenapa si bisa mengalami PCOS?

Zaman sekarang semua emang jadi lebih mudah dan lebih enak.. kadang banyak orang ga sadar hidupnya kurang gerak, ga pernah olahraga, kemana mana naik mobil atau ojol (ojek online).. begitu juga dengan makanan, makanan yang ga sehat tapi enak banyak banget, ada dari yang mahal sampe yang murah.. jadi kadang lupa untuk makan makanan yang sehattt..

Dari penyebab PCOS yang intinya kurang olahraga dan kurang diet sehat.. bisa dilihat kalau penderita PCOS mayoritas bertubuh gemuk/ obesitas.. tapi ga selalu loh.. ada juga yang langsing.. tapi tetap metabolisme dalam tubuhnya sama-sama terganggu, yaitu terjadi resistensi insulin..

Insulin adalah hormon untuk menyeimbangkan kadar gula darah setelah makan, agar gula darah tidak terlalu tinggi.. resistensi insulin artinya penderita PCOS butuh insulin lebih banyak untuk menyeimbangkan kadar gula darahnya.. sehingga pada penderita PCOS terjadi hiperinsulinesmia, yang akhirnya menyebabkan hiperandrogenism/ kelebihan hormon pria, seperti yang dijelaskan sebelumnya..

Pada penderita PCOS juga terjadi peningkatan hormon LH (yang berperan untuk pematangan telur) dan penurunan hormon FSH (yang berperan untuk pertumbuhan telur).. sehingga banyak sel telur yang matang namun tidak dapat tumbuh.. jadi gambaran USG memperlihatkan gambaran PCO, yaitu banyak sel telur yang terlihat sebagai folikel-folikel di ovarium, namun ukurannya kecil-kecil.. hal ini menyebabkan anovulasi, yaitu tidak ada sel telur yang dikeluarkan dari ovarium tiap bulannya.. sehingga siklus haid pun menjadi panjang/ haid jarang, yang disebut oligomenorrhea..

Trus gimana si mengobati PCOS?

Dokter obsgy belum menyarankan aku untuk minum obat apapun, tapi mengutamakan memperbaiki life style ku, dan menyarankan untuk kontrol 2 bulan lagi.. jadi targetnya adalah menurunkan berat badan 5-10% bagi yang obesitas dan mempertahankan berat badan bagi yang ideal.. aku sendiri Alhamdulillah ga obesitas, tapi tetap harus menurunkan beberap kilogram untuk mencapai berat badan ideal..

Untuk tau obesitas atau ga, bisa pakai rumus BMI (Body Mass Index) yaa.. 

Source: bmi-online.org

Source: cdc.gov

Ada 2 point yang penting yang harus diperbaiki yaitu..

Olahraga teratur

Oh ya, olahraganya bukan catur atau golf yah.. hehe.. olahraganya fokus untuk menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan jika sudah ideal, dan mengurangi komposisi lemak tubuh terutama di area perut..

Ada 2 jenis olahraga untuk penderita PCOS:

✅ Aerobik/ endurance: fokus pada ketahanan fisik dan aerobik.. seperti jogging, bersepeda, berenang

✅ Resistance: fokus pada kekuatan massa otot.. seperti push up, sit up, plank, squat

Olahraga yang aku pilih adalah sepeda statis, 15 menit, 2x sehari.. berhubung aku ga bisa naik sepeda beneran 😅.. dan males lari / gym keluar rumah juga.. katanya, karena sepeda statis memusatkan gerakan di paha dan perut, sehingga membakar lemak di perut bawah.. diharapkan organ reproduksi pun semakin sehat.. aku pakai yang merk berwyn, kayak gini..

Source: acehardware.co.id

Diet/ asupan yang seimbang

Untuk mengurangi berat badan yang difokuskan pada penurunan kalori.. maka selain olahraga untuk membakar kalori, kita juga perlu mengurangi asupan kalori setiap hari..

✅ Kurangi asupan 500 kalori/ hari.. kalo rajin ngitungin kalori makanan, bisa diterapkan ini

✅ Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah.. indeks glikemik adalah skor 0-100 yang  semakin tinggi, maka semakin cepat diubah menjadi gula darah.. ini contoh makanannya..

Source: lowglycemiccertification.com

✅ Dianjurkan minum omega 3 (1,1gr/hari)

✅ Dianjurkan makan bawang merah mentah dalam asupan sehari-hari.. untuk kurangi kolesterol darah.. wah bisa banget bikin sambal matah ya😅 tapi jangan kebanyakan minyaknya..

✅ Atur waktu makan.. pagi asupan kalori lebih tinggi, malam asupan kalori lebih rendah..

Intinya kurangi makanan karbohidrat dan yang manis-manis yah 😀

Untuk makanan, aku lama-lama capek ngitungin kalori.. akhirnya aku memperbaiki pola makanku dibanding kebiasaan sebelumnya aja.. aku tipenya ga bisa diet yang nyiksa diri 😅 malah jadi ga konsisten atau malah stress.. kalau stress jadi kurang sehat juga buat tubuh kita.. 

✅ Nasi.. aku campur beras merah dan putih, biar masih enak dimakan tiap hari..

✅ Sarapan.. aku bikin tuna sandwich pakai roti gandum dibakar

✅ Sayuran.. apa aja, pokoknya tiap hari harus ada

✅ Lauk.. hewani/nabati, biasanya dibikin apa aja yang penting ga trllu banyak goreng-gorengan

✅ Aku juga minum multivitamin omega 3.. merk deep sea 1x sehari..

Source: bukalapak.com

Desember 2019

Setelah 2 bulan perbaiki life style, di bulan Desember, aku kontrol lagi ke Bamed.. dan siklus haidku masih panjang seperti biasa.. sejak bulan November, aku belum ada haid.. 

Aku ga terlalu berharap banyak.. karena kalau aku baca sharing penderita PCOS yang akhirnya hamil.. setelah perbaiki life style, mereka butuh beberapa bulan/tahun sampai siklus haid menjadi lancar, kemudian hamil.. ada yang menunggu 6 bulan/ 9 bulan/ 2 tahun, dll..

Kali ini aku kontrol dengan dokter Yassin.. dan saat periksa USG, dokter Yassin bilang kalau gambaran PCO nya sudah lebih minimal dibanding sebelumnya.. seperti ini..

Aku cukup lega dengernya, Alhamdulillah ada kemajuan.. tapi tetep aja berat badan ku baru turun 1 kg, dan sampai sekarang siklus haid masih panjang juga..

Akhirnya dokter Yassin menyarankan aku dan suamiku tes laboratorium lengkap untuk promil.. aku juga diberikan obat hormon untuk merangsang haid ku yang belum datang.. tapi sebelumnya disuruh test pack dulu.. karena kalau positif hamil, ga boleh diminum obatnya..

Keesokan paginya, aku test pack.. bener-bener ga berharap apa-apa.. tiba-tiba ko test pack nya 2 garis tapi samar.. kayak gini..

Aku langsung tanya suami dan kakakku, katanya coba ditest ulang 3 hari lagi aja.. setelah aku googling, banyak yang seperti itu dan hasilnya positif.. tapi belum berani banyak berharap juga..

Aku langsung test pack ulang, 3 hari berturut-turut.. deg-degannn banget nungguinnya, nunggu 3 hari doang rasanya lamaaaa bangett hihi.. dan ternyata, Alhamdulillah 2 garis test pack nya makin jelas 😀.. 

Akhirnya aku kontrol lagi ke Bamed, dan hasil USG nya Alhamdulillah ada janin nya.. calon baby Bey 🥰 ternyata udah usia 5 minggu..

Beberapa hari kemudian aku kontrol lagi, karena tiba-tiba drama mual muntah parahku dimulai 😅next time aku ceritain ya.. di usia 6 minggu ini, Alhamdulillah calon baby Bey udah mulai panjang..


Saat kontrol selanjutnya di usia 11 minggu, udah mulai kelihatan bentuk calon baby Bey.. Subhanallah 🥰

Saat hamil aku langsung cari tau tentang hypnobirting.. untuk kenyamanan proses persalinanku, karena aku tipe yang penakut dan panikan 😅.. hasilnya ngefek banget loh.. detail tentang hypnobirting ada di post ini ya “Hypnobirthing Bikin Persalinan Lebih Nyaman”😉 

Dan tiba-tiba ada pandemi covid-19 di masa kehamilanku, sempat bikin galau deh cari tempat bersalin baby Bey.. tapi Alhamdulillah jadi ketemu tempat bersalin yang nyaman banget.. ceritanya aku share juga di post ini “Persalinan Gentle Birth Ku di Tembuni”

Semoga ceritaku bermanfaat ya.. buat calon bumil yang lagi promil ataupun yang mengalami PCOS juga.. insya Allah secepatnya diamanahkan baby dari Allah SWT.. di waktu yang tepat dan terbaik 🤲🏻!

You Might Also Like

0 Comments