Make Your Own Diaper Bag

January 25, 2021

Post ini spesial banget untuk moms yang mau berhemat & ringkes bawa perlengkapan baby kemana-mana.. 😉 aku mau share, how to make your own diaper bag..

Ini berawal saat aku hamil dan lagi sibuk nyari diaper bag, tapi aku selalu galau.. ini nih alasan yang bikin aku galau pilih diaper bag..

1. Modelnya Kurang Modis

Mungkin ini subjektif banget, beda-beda selera tiap orang.. kalau aku merasa dari sekian banyak model diaper bag, kebanyakan modelnya kurang modis untuk dipakai sendiri.. jadi kalau pergi, aku bawa tas pribadiku sendiri dan ART (Asisten Rumah Tangga) yang bawa diaper bag nya..

Tapi jadi bingung sendiri kalau mau pergi sama baby tanpa ART, jadi bawa tas nya dua, bikin makin rempong deh 😅

2. Pricey Banget

Sekalinya ada diaper bag yang modelnya modis, tapi ko harganya mahal bangett..

Yang bikin aku bingung.. esensi tas kan sama aja ya, untuk membawa barang.. tapi kenapa harga diaper bag ini mahal-mahal 🥲

Karena alasan-alasan itu, aku jd galau.. tiba-tiba ga sengaja, aku nonton youtube mommy bule gitu, lupa siapa namanya, dia bahas tentang essential baby stuff.. dan dia cerita kalau dia ga pakai diaper bag khusus untuk bawa perlengkapan baby nya, dia cuma pakai tote bag besar yang biasa dipakai sehari-hari untuk bawa perlengkapan baby sekaligus untuk perlengkapan pribadinya.. aku langsung terinspirasi bangettt.. 😀

Intinya apapun merk dan namanya.. esensi tas tetep sama, yaitu untuk membawa barang..

Yang jadi highlights dari diaper bag, yaitu ukurannya yang besar & kompartemen/kantongnya yang banyak.. sehingga memudahkan menyimpan perlengkapan baby yang banyak dan ga berceceran di dalam tas..

Jadi sebenernya kita cuma butuh, tas yang besar & bag organizer.. 😉

1. Tas Besar

Kalau mau berhemat, coba deh cari tas jalan paling besar yang moms udah punya.. tinggal masukkan bag organizer, voila.. jadi deh diaper bag !

Kalau emang ga punya tas yang cukup besar untuk membawa perlengkapan baby & moms sekaligus.. boleh coba beli tas besar yang baru di toko/ e-commerce.. pasti banyak pilihan modelnya, dan yang pasti ga semahal kebanyakan harga diaper bag.. 

Kalau aku pilih model tote bag yang simple & warna yang netral, jadi bisa dipakai sendiri kemana-mana.. dalam satu tas sudah ada perlengkapan pribadiku & baby sekaligus.. orang lain ga akan sadar itu diaper bag, udah kayak tas jalan biasa aja 😉

2. Bag Organizer

Bag organizer juga penting bangettt.. karena perlengkapan baby itu banyak dan kecil-kecil.. belum lagi kalau ada perlengkapan pribadi seperti makeup yang kecil-kecil juga.. jangan sampe jadi ribet mencarinya atau bahkan jadi gampang hilang 😩

Pilih bag organizer yang punya kantong banyak yah.. dan pastikan muat masuk ke dalam tas besar nya..

Dengan modal ini aja, moms bisa punya satu tas aja untuk dibawa jalan-jalan.. simple, praktis, modis, dan hemat.. langsung bisa jadi diaper bag + tas pribadi 😀 seneng banget deh..

Aku mau kasih bonus satu lagi nih.. list perlengkapan yang essential menurut pengalamanku untuk moms bawa di dalam tas..

1. Perlengkapan Baby

Memang banyak, tapi ini semua essential si menurutku..

Ganti Pampers

✅ Pampers

✅ Cotton Bowl + Case

Aku lebih suka bersihkan kulit kemaluan baby dengan cotton ball basah daripada dengan tissue basah.. karena lebih lembut aja di pantat baby..

✅ Diaper Cream

Ini wajib banget agar baby ga lecet akibat pakai pampers..

✅ Minyak Telon

Minyak telon juga menjaga baby tetap hangat yah.. kalau di mobil/ pergi ke tempat yang ber-AC.. apalagi kalau habis buka  baju untuk ganti pampers.. aku suka pakai yang botolnya pump jadi lebih cepat dipakai, karena baby kan gampang ngamuk yah kalau kelamaan ganti pampers 😅 

✅ Cologne

Cologne juga bikin baby tetap wangi, terutama setelah main/ ganti pampers yang mungkin aja habis poop 😅 aku juga lebih suka pakai yang botolnya pump..

✅ Tissue Kering

Tissue kering biasa aku pakai untuk mengeringkan kulit baby setelah dibersihkan dengan cotton ball.. dan bisa juga dipakai untuk keperluan pribadi..

✅ Tissue Basah

Tissue basah biasa aku pakai untuk lap wajah/ tangan baby yg lengket.. atau untuk mainan, sebelum dikasih ke baby.. bisa juga dipakai untuk keperluan pribadi..

Pakaian Ganti

Pakaian ganti juga penting banget, karena pakaian baby bisa aja kotor karena kena susu/MPASI (Makanan Pendamping ASI) atau sekedar basah karena keringat.. kasian banget kalau ga diganti, khawatir jadi rewel atau malah masuk angin.. aku biasa bawa pakaian ganti ini..

✅ Kaos Dalam

✅ Baju & Celana Ganti

✅ Kaos Kaki

✅ Topi/ Bando

Aku bawa topi/bando kalau mau pergi jalan-jalan aja.. tapi kalau hanya ke rumah orang tua ku, biasanya ga bawa..

Nursing Scarf

Aku pilih nursing scarf yang paling simple, gampang dipakai, & tipis tapi ga nerawang.. jadi bisa dilipat kecil & ga makan tempat juga di tas 😉

Mainan/ Teether

Mainan juga aku bawa agar baby ga bosen.. teether juga penting banget terutama kalau gusi baby lagi gatal karena tumbuh gigi..

Oh ya, boleh juga bawa pacifier/ empeng kalau baby suka..

Obat & Thermometer

Obat & thermometer dibawa untuk jaga-jaga kalau badan baby tiba-tiba hangat.. jangan remehkan demam pada baby/anak ya moms, harus segera diobati.. next time aku bahas di post lain tentang demam pada baby..

Drink Bottle & Snacks Container

Ini hanya dibawa kalau baby udah MPASI yah..

Bibs

Aku sarankan untuk bawa bibs yang bisa dilipat agar praktis dan ga makan tempat untuk dibawa di tas..

Sebelum MPASI, bibs dipakai kalau baby mau minum ASIP dari botol.. jadi aku bawa hanya kalau baby mau dititipkan ke neneknya.. 

Setelah MPASI, bibs wajib dibawa karena baby akan makan & minum.. jadi bajunya aman ga kena makanan & minuman.. kalau kena, dan harus ganti baju terus kan jadi repot & kasian juga baby nya digantikan baju terus 😅

2. Perlengkapan Moms

Kalau ini bisa disesuaikan sama kebiasaan moms ya.. menurutku, kalau kita udah jadi mommy, lama kelamaan akan menghemat perlengkapan pribadi kita untuk dibawa- bawa 😅

Dompet, Kunci & Handphone

Nah ini yang paling wajib.. kalau cuma mau pergi sebentar, makeup & parfume ga perlu touch up.. dan kalau baterai handphone juga ga cepet lowbat.. moms cukup bawa dompet, kunci, & handphone aja di tas 😀

Makeup

Kalau aku minimal bawa BB cushion yang ada SPF nya (sekalian buat sunblock), lipstick/liptint (tergantung mood lagi pengen pake yang mana 😅), dan eyebrow pencil..

Concealer biasa aku bawa kalau lagi jerawatan aja untuk cover jerawat.. dan eyeliner/mascara, aku bawa kalau mau jalan rapih ke kondangan/ kalau lagi mood aja.. 🙂

Charger

Kalau mau pergi nya lama/ untuk yang handphone nya cepet lowbat.. wajib bawa charger juga..

Parfume

Aku hanya bawa parfume untuk jalan ke acara yang formal atau kalau lagi mood aja 😅 itu juga aku sarankan bawa parfume yang travel size biar ga makan tempat..

Desinfectant Spray

Desinfectant spray yang aku pakai ini bisa buat benda & udara.. wajib dibawa di masa pandemi ini.. detail nya ada di post ini Septiair & Septiwipes: Desinfectant Efektif di Masa Pandemi

Hand Sanitizer

Pastinya di masa pandemi ini kita ga jauh-jauh dari 3 M (pakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak).. nah kalau lagi ga ada tempat cuci tangan, berguna banget ni hand sanitizer.. misal, habis pegang uang, dll..

Oh ya.. untuk perlengkapan pumping (breastpump, kantong ASI) atau perlengkapan MPASI (food jar, sendok), aku lebih suka bawa di cooler bag yah.. agar suhunya tetap stabil..  cooler bag nya juga pilih yg modis & elegant biar proper dibawa kemana-mana.. kayak yg aku bahas di sini BKA Sahabat Busui yang Helpful Banget 😉

Semoga sharing aku tentang my own diaper bag ini berguna yaa.. boleh disesuaikan dengan kebutuhan moms masing-masing 😉

You Might Also Like

0 Comments