PD Bengkak Jangan Dibiarkan

November 05, 2020

Karena PD yang lecet seperti ceritaku di post sebelumnya “Menyusui Ga Harus Lecet Loh”..  aku jadi jarang menyusui di PD yang lecet.. aku ga sadar hal ini menyebabkan PD bengkak di hari ke 4-7 menyusui.. aku langsung khawatir banget.. huhu 😔


Ko bisa ya PD bengkak?

PD bengkak sering terjadi pada awal menyusui karena produksi ASI yang banyak tapi pengeluaran ASI kurang maksimal, sehingga ASI menumpuk di PD dan bengkak.. banyak yang bisa menyebabkan pengeluaran ASI kurang seperti:

1. Posisi dan perlekatan menyusui belum tepat

Baby dan busui yang masih belajar menyusui, cenderung mengalami posisi dan perlekatan menyusui yang belum tepat.. sehingga baby tidak dapat menghisap ASI secara maksimal..

Detail posisi dan perlekatan menyusui wajib diketahui busui dan calon busui loh.. caranya ada di post ini ya “Posisi & Perlekatan Kunci Sukses Menyusui“ 😀..

2. Lip tied/ tongue tied

Alhamdulillah baby ku tidak mengalami ini.. keadaan bibir atau lidah baby yang lip tied/ tongue tied seperti ini dapat menyebabkan baby sulit melakukan perlekatan menyusui yang tepat.. sehingga tidak dapat menghisap ASI secara maksimal..

Source: kingdomofbaby.com

Source: mayoclinic.com

3. Busui jarang DBF (Direct Breastfeeding)

Pada awal masa menyusui, DBF dianjurkan dilakukan setiap 2-3 jam.. jika baby tertidur lama, boleh dibangunkan dengan dibuka bedongnya/ ditepuk kaki nya.. busui yang jarang melakukan DBF menyebabkan ASI terkumpul di PD dan PD jadi bengkak 😔..

4. PD jarang diperah/ pumping

Kadang busui sudah rajin menyusui baby setiap 2-3 jam sampai baby kenyang tidur pulas, tapi PD tetap terasa kencang.. PD yang masih terasa kencang tidak boleh dibiarkan, PD yang kencang harus diperah segera agar tidak menjadi bengkak..

Oh ya, biasanya pada  awal menyusui, busui masih sulit membedakan apakah PD lembut/ kencang/ bengkak.. maka busui harus aware kalau PD nya mulai bengkak !

Gimana si ciri-ciri PD yang bengkak?

✅ PD bengkak/ keras hingga areola

✅ PD terasa berat

✅ PD panas

✅ PD nyeri

✅ Kulit PD menegang

Nah, kalau sudah ada gejala PD seperti ini jangan dibiarkan.. karena dapat menyebabkan kondisi yang lebih parah yaitu mastitis (radang di jaringan PD) atau bahkan abses PD.. naudzubillahimindzalik 😔.. 

Trus harus gimana kalau PD sudah bengkak?

1. Massage PD (Breast Care)

Di awal PD bengkak, aku diajarkan dokter anak untuk massage PD/ Breast Care.. pertama cuci tangan dulu kemudian massage PD dengan baby oil.. lakukan massage seperti ini..


Source: www.mamabear.co.id

Busui juga dianjurkan menyusui baby sambil massage PD yang bengkak, terutama pada bagian yang terasa bergerenjel untuk memperlancar pengeluaran ASI..

2. Kompres Dingin

Kompres dingin dilakukan sekitar 30-15 menit sebelum menyusui untuk meredakan nyeri dan kemerahan pada PD..

3. Kompres hangat

Kompres hangat dilakukan tepat sebelum menyusui untuk memperlancar pengeluaran ASI..

4. Tetap menyusui DBF

Pengeluaran ASI harus dilakukan pada PD yang bengkak agar ASI tidak terkumpul di PD dan semakin parah.. jadi busui disarankan untuk tetap menyusui dari PD yang bengkak..

5. Pumping PD

Jika karena beberapa hal busui tidak bisa menyusui DBF, busui dianjurkan untuk melakukan pumping pada PD yang bengkak agar tetap dapat mengeluarkan ASI nya..

Pumping juga dianjurkan dilakukan tepat sebelum menyusui DBF, pumping dilakukan sebentar saja agar PD tidak terlalu kencang saat menyusui, sehingga perlekatan menyusui mudah dilakukan dengan tepat..

6. Minum obat anti-nyeri

Jika nyeri pada PD tidak tertahankan, busui dapat minum obat anti nyeri yang diizinkan dokter untuk dikonsumsi busui, seperti Paracetamol.. 

insya Allah dengan melakukan penanganan yang tepat PD yang bengkak dapat segera membaik, terhindar dari mastitis, dan ASI jadi lebih lancar 😀

Semoga bermanfaat ya !

You Might Also Like

0 Comments