Hypnobirthing Bikin Persalinan Lebih Nyaman

November 10, 2020

Hamil adalah hal yang aku dan suamiku tunggu-tunggu.. karena setelah menikah aku sempat PCOS (Polycystic Ovarium Syndrome), seperti yang aku ceritain di post ini “PCOS Bisa Hamil Ko” 😉.. dibalik perasaan super happy, sebenernya aku juga ada perasaan ngeri ya bayangin proses persalinannya.. walaupun aku dokter yang berani suntik pasien dll.. tapi aku tipe yang penakut dari kecil.. mungkin beda-beda tipe orang kali ya 😅

Jadi aku putuskan mau ikut program hypnobirthing.. dari namanya yang ada kata-kata “hypno” gitu aku sempet mikir apa ada hubungannya sama dihypnosis hehe.. ternyata bukann.. 


Jadi apa si hypnobirthing itu?

Hypnobirthing itu adalah ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk merelaksasi dan memprogram ulang rekaman negatif di alam bawah sadar 

Trus tujuannya hypnobirthing itu apa?

Tujuannya untuk mendapatkan persalinan alami yang nyaman, lancar, dan minim trauma..

Hypnobirthing boleh loh diikuti secepatnya setelah tau hamil.. karena trisemester pertama kehamilanku mual muntah parah jadi full bed rest deh ga bisa macem-macem, next time aku ceritain😅 jadi aku sebaru sempat ikut program hypnobirthing di minggu ke 23 kehamilan, di Pro V Clinic, Permata Hijau.. ini IG nya @provclinic.. saat itu pas banget mulai pandemi covid-19.. akhirnya aku ikut kelas via zoom nya.. kalau lagi ga pandemi, kelasnya bisa 2 hari pertemuan.. terbagi menjadi 3 sesi tentang hypnobirthing, hypnobreastfeeding, dan comfort technique di kamar bersalin.. kali ini aku mau bahas hypnobirthing nya dulu yahh 😀..

Biaya nya cukup pricey menurutku.. Tapi worth to try kok, karena aku merasakan manfaatnya banget, pikiranku jadi terbuka untuk semangat lahiran normal alami, semangat melakukan induksi alami (seperti yoga, gym ball, senam hamil, dll) detailnya sudah aku bahas di post ini “Induksi Alami yang Bumil Wajib Tau” 😉.. dan yang paling aku happy, menjelang persalinan aku jadi ga ada rasa takut lagi.. aku seneng sebentar lagi ketemu baby dan lebih fokus mempersiapkan proses persalinan.. 

Jadi aku saranin banget untuk ikut hypnobirthing, terutama bumil yang takut menjelang persalinan dan bumil yang punya trauma tertentu terhadap persalinan.. worth it banget loh program ini 😉

apa aja si teknik-teknik hypnobirthing?

1. Relaksasi

Untuk relaksasi bumil bisa menciptakan suasana yang nyaman di kamar bersalin seperti:

✅ Pencahayaan redup
Suasana tenang/ pasang murotal
✅ Suhu hangat (tidak terlalu panas)/ sejuk (tidak terlalu dingin) sesuai kenyamanan bumil
✅ Aromaterapi papermint/ lavender dapat membantu menenangkan bumil, bisa banget kalo di kamar bersalin boleh bawa diffuser 😄
✅ Benda kesayangan bumil juga 
boleh loh dibawa, seperti selimut/ bantal favorite

Ketika kontraksi bumil bisa mengatur teknik napas seperti ini:

Belly breath: pembukaan 0-7, inhale exhale dari mulut, perut kembang kempis, , tangan di perut
✅ Vocalizing breath: pembukaan 7-10, inhale dari hidung, exhale dari mulut sambil bersuara “aaahhh”.. tangan di dada dan perut.. Latihan teknik napas sambil yoga sejak masa hamil ya 😉..

Ketika tidak kontraksi bumil bisa lakukan teknik “Palm Induction” yaitu:

Kepal erat tangan, kencangkan tubuh menjalar dari tangan ke siku - leher - kepala - tubuh - kaki
✅ lemaskan tubuh menjalar dari tangan ke siku - bahu - leher - kepala - tubuh - kaki


2. Sugesti 

Bumil bisa pejamkan mata dan ucapkan kalimat perintah berulang sampai tertanam di alam bawah sadar..

3. Afirmasi

Bumil bisa pejamkan mata dan ucapkan kalimat penyemangat.. boleh juga dibantu suami/ orang terdekat..

4. Visualisasi

Bumil boleh pilih teknik visualisasi ini sesuai dengan kenyamanan bumil:

Fokus pandang wajah pasangan
✅ Saat kontraksi lakukan “Lemon Test”: pejamkan mata, atur napas, bayangkan servix seperti kelopak mawar yang terbuka helai demi helai

Source: winnetnews.com

5. Deepening

Bumil bisa menghitung mundur dari 10-0, sambil membayangkan sugesti dan afirmasi agar lebih mudah tertanam ke alam bawah sadar

6. Anchoring

Bumil bisa memfokuskan pikiran dengan memilih teknik sesuai dengan learning type bumil:

Tipe visual: lihat gambar/foto yang menyemangati, lihat video kelopak bunga mawar yang perlahan terbuka mekar seperti servix yang dalam proses pembukaan
✅ Tipe auditorik: dengar kata-kata sugesti dan afirmasi, dengar musik yang tenang/ murotal
✅ Tipe kinestetik: pegang/ peluk suami/ orang terdekat

7. Komunikasi dengan janin

Bumil dapat berkomunikasi dengan janin juga loh dengan kalimat ajakan dan penyemangat.. ingat tubuh janin masih menyatu dengan bumil, begitu juga dengan perasaannya..

8. Havening Technique

Oh ya, jika bumil memiliki trauma/ kekhawatiran pada suatu hal.. bumil dapat melakukan teknik ini:

✅ Pejamkan mata
✅ Bayangkan trauma/ hal yang dikhawatirkan
✅ Beri score 1–10
✅ Bayangkan tempat dan suasana yang nyaman menurut bumil
✅ Letakkan telapak tangan kanan di bahu kiri dan telapak tangan kiri di bahu kanan
 Sapukan kedua telapak tangan dari bahu ke sikut sebanyak 20x sambil pejamkan mata dan 5x sambil melirik ke kanan dan kiri
✅ Beri score trauma/ hal yang dikhawatirkan 1–10.. insya Allah score akan berkurang dari sebelumnya 😀..

Materi yang aku tulis ini ga seberapa dibanding ikut kelasnya langsung.. boleh banget kalau mau tetep ikut kelasnya, karena akan banyak dibimbing langsung untuk teknik relaksasi dan teknik induksi alami yang bisa bumil lakukan sejak hamil trisemester 3 sampai di kamar bersalin.. detailnya ada di post ku yang ini yah  “Induksi Alami yang Bumil Wajib Tau” 😉

Oh ya, Rumah Sakit/ Rumah Bersalin bumil juga mempengaruhi kemungkinan hypnobirthing dapat diterapkan selama bersalin loh.. kalau bisa pilih yang pro gentle birth ya, salah satunya seperti di Rumah Bersalinku.. detailnya ada di post ini “Persalinan Gentle Birth Ku di Tembuni”  😉

Semoga bermanfaat ya!

You Might Also Like

0 Comments