Induksi Alami yang Bumil Wajib Tau

November 11, 2020

Pasti bumil pernah dengar kan tentang induksi persalinan? Buat aku yang emang dasarnya penakut 😅 dari awal udah ngeri ya sama yang namanya induksi.. karena katanya bikin mules persalinan lebih sakit dibanding biasanya.. 


jadi sebenernya apa si induksi itu?

Induksi adalah proses stimulasi untuk merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi, untuk mempercepat proses persalinan.. Induksi persalinan di Rumah Sakit dilakukan atas anjuran dokter obsgyn.. biasanya bumil diberikan obat induksi yang diminum/ dimasukan ke lubang kewanitaan/ diinfus, dll..

Nah, kebanyakan bumil yang hamil anak pertama akan lebih lama menunggu mules kontraksinya nih.. dan lebih lama juga proses pembukaannya.. agar gausah diinduksi dengan obat di Rumah Sakit.. mending kita persiapkan persalinan kita dengan melakukan induksi alami aja yuk..

Awalnya aku pikir induksi alami mungkin ga terlalu berpengaruh, tapi setelah ikut kelas hypnobirthing, yang aku share di post ini “Hypnobirthing Bikin Persalinan Lebih Nyaman”, aku jadi tau banyak tentang induksi alami dan setelah aku coba sendiri ternyata berpengaruh banget loh.. induksi alami ini bisa bumil lakukan dari sejak akhir kehamilan sampai saat bersalin di kamar bersalin.. jadi, jika kontrkasi rahim teratur dan pembukaan cepat maju, bumil ga perlu diinduksi dengan obat.. persalinan juga lebih aman, nyaman, dan minim trauma 😉..

Trus apa aja si jenis-jenis induksi alami yang bisa dicoba?

1. Jalan cepat

Bumil bisa jalan cepat sejak usia kehamilan 36 minggu.. induksi alami ini termasuk yang utama dan paling berpengaruh loh.. ingat, jalan cepat ya.. bukan jalan biasa dan bukan lari juga.. hehe.. kira-kira 5 km/jam.. lakukan 45 menit sehari, boleh dicicil pagi-sore 😉..

2. Berhubungan suami istri

Bumil juga boleh rutin berhubungan suami-istri tiap 2 hari sekali jika usia kehamilan sudah matang dan berat janin sudah cukup.. ini juga termasuk induksi alami yang paling berpengaruh loh..

3. PGY (Prenatal Gentle Yoga)

PGY bisa diikuti bumil sejak usia kehamilan 20 minggu, 1-2x/minggu.. jika sudah masuk trisemester 3 kehamilan (usia kehamilan 28 minggu), bumil bisa lakukan 2-3x/minggu..

Banyak loh Rumah Sakit/ Rumah Bersalin/ klinik/ fitness studio yang menyediakan kelas PGY.. selama masa pandemi juga disediakan kelas via zoom nya.. aku rutin ikut di Pro V Clinic, tempat aku juga ikut kelas hypnobirthing.. ini IG nya @provclinic..

4. Birthing Ball/ Pelvic Rocking

Birthing ball dilakukan dengan gerakan yang gentle agar kepala baby cepat masuk ke panggul secara alami.. untuk bumil yang mau melakukannya, ada syaratnya loh:

✅ Usia kehamilan > 32 minggu
✅ Kepala janin sudah di bawah
✅ Bumil duduk di atas gym ball, dengan panggul sejajar atau lebih tinggi dari lutut..

Workout ini dapat bumil lakukan menggunakan gym ball, selama 15 menit, 2x/hari.. dengan cara seperti ini:

✅ Bumil duduk di atas gym ball
✅ Goyangkan panggul naik turun, kanan kiri, depan belakang, dan putar 360o searah jarum jam, kemudian sebaliknya..
✅ Pandangan tetap ke depan dan badan tegak ya..

Source: dynaprodirect.com

5. Massage Payudara

Bumil bisa melakukan massage payudara sejak usia kehamilan 36 minggu hingga masa menyusui.. massage PD dapat meningkatkan hormon oksitosin, hormon ini dapat merangsang kontraksi rahim/ mules dan juga memperlancar ASI ketika baby lahir loh.. seperti yang aku share di post ini “Tips ASI Banyak & Lancar 😉..

Pertama cuci tangan dulu kemudian massage menggunakan baby oil dengan cara seperti ini..

Source: mamabear.co.id

6. Massage Oksitosin

Massage oksitosin prinsipnya sama dengan massage PD.. bumil bisa lakukan dengan bantuan suami, sejak usia kehamilan 36 minggu hingga masa menyusui.. Karena hormon oksitosin dapat merangsang kontraksi rahim/ mules dan memperlancar ASI juga.. seperti yang sudah aku share di post ini “Tips ASI Banyak & Lancar”.. lakukan setiap malam/ sesering mungkin yah..

Cuci tangan dulu kemudian massage menggunakan baby oil, dengan ibu jari kanan dan kiri.. tekan dan putar kedua ibu jari di tulang belakang, dari leher sampai ke tulang ekor seperti ini..

Source: www.mamabear.com

7. Accupressure

Induksi alami dengan accupressure dilakukan oleh terapis yang sudah ahli.. dan diharapkan dapat membuka panggul/ jalan lahir, sehingga proses persalinan lebih cepat dan lancar..  lumayan banget kan dengan accupressure  bisa mempersingkat waktu persalinan.. sehingga bersalin lebih aman, nyaman, dan minim trauma 😉

Oh ya, aku accupressure datang langsung ke Pro V Clinic, Permata Hijau, tempatku ikut kelas hypnobirthing juga.. ini IG nya @provclinic, aku datang di usia kehamilan 37-38 minggu.. katanya accupressure sudah boleh dilakukan sejak usia kehamilan 36 minggu.. detailnya aku ceritain ya next time 😉

8. Mobilisasi di Kamar Bersalin

Ini adalah beberapa gerakan yang dapat bumil lakukan saat bersalin untuk memperlancar pembukaan.. diharapkan dengan melakukan mobilisasi, persalinan dapat berlangsung lebih cepat dan lancarrr..

Sejujurnya, walaupun ga semua mobilisasi sempat aku terapkan saat bersalin.. tapi aku merasakan banget loh manfaatnya, pembukaan persalinan menjadi lebih cepat maju setelah melakukan mobilisasi dibanding kalau tiduran doang.. seperti cerita persalinanku di post ini “Persalinan Gentle Birth Ku di Tembuni” 😀.. 

Labour dance

✅ Bumil dan suami berpelukan sambil berdiri
✅ Tangan bumil di leher suami dan tangan suami di pinggang bumil 
✅ Goyangkan panggul bumil ke kanan dan ke kiri.. 
✅ Jika kontraksi datang, bumil dapat menekuk lutut dan memutar panggulnya..

Source: mayoclinic.org

Birthing ball/ Pelvic Rocking

Gerakannya sama persis ya dengan yang sebelumnya dijelaskan menggunakan gym ball.. hanya bedanya ini dilakukan saat menjelang persalinan.. dan ini adalah mobilisasi yang aku terapkan saat proses persalinanku.. ngefek banget buat akuuu.. cerita persalinanku ada di post ini “Persalinan Gentle Birth Ku di Tembuni” 😀

Berdiri

Bumil disarankan ga tiduran saja selama proses persalinan.. Dengan berdiri, kepala baby lebih cepat turun dengan adanya gaya gravitasi.. posisi janin pun dapat menyesuaikan jalan lahir..

Rebozzo Shifting

Rebozzo shifting boleh dilakukan sejak usia kehamilan 32 minggu sampai saat persalinan.. Bumil butuh bantuan orang lain untuk melakukannya.. oh ya, untuk melakukannya ada syaratnya loh:

✅ Plasenta tidak boleh berada di anterior di depan pusar yah..

Gerakannya dapat dilakukan seperti ini:

✅ Bumil lakukan knee chest position
✅ Gantung perut dengan selendang dari bawah ke atas
✅ Orang lain genggam kedua ujung selendang 
✅ Goyangkan selendang seperti goes sepeda..

Source: babyology.com.au

Shake the apple tree

Shake the apple tree juga dapat bumil lakukan sejak usia kehamilan 32 minggu sampai saat persalinan.. gerakan ini dilakukan selama 2-5 menit dan butuh bantuan orang lain:

✅ Bumil lakukan knee chest position
✅ Tekan panggul dengan selendang dari atas ke bawah
✅ Orang lain genggam kedua sisi selendang
✅ Tekan selendang ke bawah bergantian sisi kanan dan kiri..

Jika bumil merasa tidak nyaman atau orang yang membantu merasa lelah, harus segera bilang ya.. agar tidak malah membuat bumi jadi ga nyaman..

Source: pregnancy.com.au

Side lying release

Jika bumil sedang ingin beristirahat dari mobilisasi yang lain, bumil boleh tiduran dengan posisi MiKi (Miring Kiri).. posisi ini dianjurkan karena merangsang baby untuk posisi LOA (Left Occiput Anterior) yaitu posisi yang baik untuk baby siap lahir..

Source: mayoclinic.org

Berlutut di gym ball/ paha suami

Bumil juga dapat beristirahat dengan berlutut dan bersandar ke atas gym ball.. Jika tidak ada gym ball.. bumil dapat berlutut dan bersandar di paha suami..

Source: mayoclinic.org

Squat

Bumil dapat melakukan squat sejak usia kehamilan 35 minggu hingga saat persalinan..  lakukan seperti ini:

✅ Buka kaki selebar bahu, seperti huruf “V”
✅ Pegang suami/ dinding
✅ Turunkan bokong semaksimal mungkin..
✅ Saat bersalin, jika sudah pembukaan 6/ lebih, ubah posisi kaki bumil seperti huruf “A”/ sejajar seperti angka “11”.. untuk membuka panggul..


Source: parenting.orami.co.id

Hands & knee position

Posisi ini dapat dilakukan untuk mengubah posisi baby dari posterior ke anterior, agar siap lahir.. dan dapat mengurangi tekanan anus pada bumil yang wasir..

Lakukan table pose sepert ini.. bumil juga boleh menyandarkan tangan dan kepala ke atas gym ball..

Source: mayoclinic.org

Knee chest position

Posisi ini dapat memperluas ruang panggul dan membuat otot dan ligamen panggul lebih rileks sehingga kepala baby lebih mudah berputar menyesuaikan jalan lahir..

Lakukan table pose, kemudian letakan dada ke lantai dan rentangkan tangan ke atas kepala..

Source: hellosehat.com

Diamond position

Diamond position dapat dilakukan setiap malam menjelang persalinan hingga saat persalinan.. ini step nya:

✅ Bumil duduk bersila
✅ Telapak kaki yang bersentuhan
✅ Tangan pegang pergelangan kaki
✅ Bumil bersandar 45o..
✅ Putar tubuh dan panggul bumil searah jarum jam dan sebaliknya.. 
✅ Jika otot paha pegal, boleh diganjal dengan bantal..

Source: id.theasianparent.com

Yoga

Gerakan PGY yang dapat dilakukan saat proses persalinan terbatas.. jadi bisa dipersingkat dengan gerakan ini:

✅ bumil berdiri
✅ Letakkan kursi disamping bumil
✅ Panggul hadap depan
✅ Tngan di pinggang
✅ 1 kaki naikkan ke atas kursi dengan lutut yang sejajar dengan kaki
✅ Tekuk-buka lutut dengan menggerakan tubuh mendekati dan menjauhi kursi..

Source: mayoclinic.org

Peanut Ball

Peanut ball dapat dipeluk di selangkangan sambil bumil posisi MiKi saat bersalin.. untuk mempertahankan panggul tetap terbuka lebar.. Peanut ball juga sempat aku pakai loh saat bersalin di pembukaan 8.. cerita persalinanku ada di post ini “Persalinan Gentle Birth Ku di Tembuni” 😉


Source: lamaze.org

Banyak banget ya induksi persalinan yang bisa kita lakukan.. semakin cepat dilakukan sejak akhir masa kehamilan sampai di kamar bersalin nanti, maka akan semakin memperlancar proses persalinan.. Oh ya, Rumah Sakit/ Rumah Bersalin bumil yang pro gentle birth juga lebih membantu bumil loh untuk merealisasikan induksi alami ini 😀..

Semoga bermanfaat ya!

You Might Also Like

0 Comments