Tips ASI Banyak & Lancar

November 07, 2020

Di hari ke 4-7 menyusui, PD ku sempat bengkak seperti yang aku ceritakan di post sebelumnya “PD Bengkak Jangan Dibiarkan”.. hingga puncaknya PD bengkak ini disertai demam ringan dan menggigil, hal ini bikin aku lumayan panik.. karena aku ga  mau malah sakit saat baby ku butuh extra dirawat dan disusuin.. Akhirnya aku putuskan untuk stop pumping dan stop minum ASI booster.. ternyata itu keputusan yang salah bangettt.. beberapa hari kemudian ASI ku malah jadi seret.. baby ku kayak ga puas menyusu, padahal masa newborn harus dapat ASI cukup untuk perkembangannya yang lagi pesat.. Setelah itu aku langsung cari cara untuk memperbanyak ASI..

Untuk busui yang ingin baby nya dapat ASI  cukup, gausah buru-buru kasih SuFor (Susu Formula) dulu.. ASI kita bisa banget kok diperbanyak..😉


banyaknya ASI itu dipengaruhi oleh beberapa faktor..

✅ Bahan baku ASI
✅ Produksi ASI
✅ Distribusi ASI
✅ Demand ASI

Jadi untuk meningkatkan banyak ASI yang keluar kita harus meningkatkan faktor-faktor itu..

Meningkatkan Bahan baku ASI

Seperti urin/ poop yang dihasilkan karena kita minum dan makan.. begitu juga ASI, kalau ingin ASI kita banyak, bahan baku dari makan dan minum juga harus banyak..

1. Banyak Minum

Bahan baku utama ASI 90% adalah air, jadi utamakan banyakin minum yah.. minum busui harus terukur, ga boleh asal “kayaknya udah banyak”.. sehari minimal 4 liter yah.. sedia botol minum gede di meja samping kasur busui.. selain air putih, busui juga bisa minum ASI booster loh seperti susu kedelai/almond dan jus buah/sayur..

2. Banyak makan

Makan busui juga ga kalah penting untuk mencukupi kualitas gizi ASI.. tau ga, busui yang gizi buruk aja bisa loh memproduksi ASI yang cukup untuk baby nya, namun kualitas gizi nya yang kurang.. jadi busui yang ingin baby nya sehat, jangan lupa makan yang cukup yah.. minimal 3x sehari, dan utamakan sayuran hijau, buah, dan kacang-kacangan..

Meningkatkan Produksi ASI

Kalau sudah banyak makan dan minum tapi produksi ASI ga dirangsang.. maka produksi ASI akan tetap kurang.. hormon prolaktin adalah hormon yang penting untuk merangsang produksi ASI.. gimana si cara meningkatkan hormon ini?

1. Posisi dan perlekatan menyusui tepat

Posisi dan perlekatan menyusui yang tepat, membuat baby efisien memerah PD sampai kosong sehingga hormon prolaktin kembali merangsang kelenjar susu  untuk memproduksi ASI lagi.. semakin lama, produksi ASI juga akan semakin banyak 😀 detail caranya ada di post yang ini yaah.. busui dan calon busui wajib tau “Posisi dan Perlekatan Kunci Sukses Menyusui” 😉

2. Alat pumping tepat

Konsep pumping juga sama ya.. Mesin pumping yang recommended dan corong pumping yang tepat dapat memerah PD dengan baik sampai PD kosong, sehingga hormon prolaktin merangsang kelenjar susu untuk terus memproduksi ASI 😀..

3. ASI booster

Zaman sekarang ASI booster sudah banyak banget bentuknya, busui bisa sesuaikan sama yang busui suka.. ada yang susu, teh, sereal, cookies, kapsul, dll.. pastikan sudah BPOM yah..

Oh ya, busui juga ingat faktor lainnya ya.. jangan karena namanya ASI booster, busui hanya bergantung sama ASI booster saja untuk tingkatkan produksi ASI.. Tingkatkan juga faktor-faktor lainnya yah 😉..

Sebenarnya ASI booster bisa apa saja.. Ada yang kimiawi seperti..

✅ Obat dari dokter anak/ dokter laktasi

Dan ada juga yang herbal seperti..

✅ Kacang-kacangan (almond, soya, Fenugreek, dll)
✅ Sayuran hijau (daun katuk, dll)
✅ Rempah (jahe, kunyit)

Kalau aku suka sereal zoya mix dan kukis almond oat dari mama bear.. untuk cemilan setiap hari.. kukis nya enak.. mungkin untuk busui yang enek minum susu ASI booster boleh coba kukis ini.. ini IG nya @mamabearid 😀..

Aku juga sempat coba Mom Uung yang isinya daun kelor herbal dalam kapsul.. untuk busui yang males nyemil atau bikin susu/ teh tiap hari, boleh coba ini yang lebih praktis.. Ini IG nya  @momuung.id 😀..

Source: mamabear.co.id

Source: shopee.co.id

Meningkatkan Distribusi ASI

Bahan baku ASI yang sudah cukup, dan produksi ASI yang sudah banyak bisa dilihat dari PD busui yang menjadi kencang.. jadi distribusi pengeluaran ASI nya juga harus maksimal, kalau engga malah bengkak loh huhu kayak ceritaku di post ini “PD Bengkak Jangan Dibiarkan”..

Pengeluaran ASI melalui saluran ASI diatur oleh hormon oksitosin/ hormon happy.. jadi  gimana si cara meningkatkan hormon ini?

1. Happy

Memang ga gampang ya untuk disuruh happy di saat capek ngurusin baby + belajar menyusui baby.. tapi ya itulah hormon oksitosin 😀 boleh dicoba ni tips-tips biar busui lebih happy:

Atur napas untuk tenangkan hati dan pikiran

✅ Banyak bersyukur atas keberadaan baby dan semua keadaan yang bisa disyukuri

✅ Lihat wajah baby dan cium baby sebelum menyusui

✅ Lihat foto baby dan cium bau baju bekas baby sebelum pumping.. kalau lagi kerja/jauh dari baby

✅ Percaya diri bahwa busui bisa menyusui baby dengan baik dan cukup.. flat nipple (puting datar)/ ukuran PD tidak mempengaruhi kemampuan menyusui kok dan jangan percaya mitos-mitos lain ya 😉..

✅ Lingkungan yang supportive.. seperti suami dan keluarga yang mendukung untuk menyusui sangat dibutuhkan loh.. 

jika ada yang kurang supportive, solusinya  bisa disesuaikan dengan keluarga busui masing-masing ya.. mungkin bisa lebih sering ditemani dengan keluarga yang mendukung menyusui saja selama proses awal belajar menyusui..

Oh ya, konsultasi dengan dokter laktasi di usia kehamilan 36-37 minggu, selain untuk belajar persiapan menyusui.. juga bisa untuk memberi pengertian kepada suami/ orang tua busui agar mendukung menyusui loh..

2. Kompres hangat

Kompres hangat pada PD sebelum menyusui/ pumping agar pengeluaran ASI lancar.. selain itu PD juga lebih rileks dan nyaman

3. Massage PD

Massage PD setiap setelah kompres hangat dan sebelum menyusui/pumping yah.. cuci tangan dulu, kemudian massage dengan baby oil..  Massage PD yang tepat dan kuat seperti ini, dapat mengeluarkan ASI lebih lancar, juga membuat PD rileks dan nyaman.. 

Massage PD juga bisa mencegah PD tersumbat yang bikin PD bengkak loh seperti di post ku ini “PD Bengkak Jangan Dibiarkan” 😀.. Selain itu, Massage PD sebelum bersalin juga bisa untuk induksi alami loh, detailnya ada di post ini “Induksi Alami yang Bumil Wajib Tau” 😉


Source: mamabear.co.id

4. Massage oksitosin

Setiap malam sebelum tidur, busui bisa minta bantuan suami untuk massage oksitosin di punggung busui.. cuci tangan, kemudian massage menggunakan baby oil, dengan ibu jari kanan dan kiri.. tekan dan putar kedua ibu jari di tulang belakang, dari leher sampai ke tulang ekor seperti ini.. hormon oksitosin selain untuk mengeluarkan ASI juga bisa untuk induksi alami sebelum persalinan loh.. detail nya ada di post ini yah “Induksi Alami yang Bumil Wajib Tau” 😉

Source: www.mamabear.com

Meningkatkan Demand ASI

Ada satu lagi nih prinsip ASI yaitu “Supply=Demand”.. jadi produksi ASI akan lebih banyak kalau demand/ permintaan ASI dari baby juga banyak.. nah, gimana cara merangsangnya?

1. Susui baby sesering mungkin

Semakin sering baby menyusu, semakin cepat PD kosong dan kembali memproduksi ASI.. jadi susui baby setiap baby minta, jika baby tipe yang tidurnya lama, bangunkan saja ya dengan membuka bedongnya/ menepuk kaki baby.. agar dapat menyusui minimal 2-3 jam sekali..

2. Tidak berikan baby SuFor

Baby yang diberikan SuFor, cenderung akan cepat kenyang, kemudian tertidur pulas dan lama.. hal ini dapat membuat demand ASI berkurang.. busui jadi jarang menyusui, sehingga PD juga kurang terangsang untuk memproduksi ASI.. ASI malah jadi seret ketika baby terbangun dan lapar, hal ini menyebabkan busui kembali memberikan SuFor dan makin meningkatkan jumlah SuFor nya.. semakin lama lingkaran setan ini menyebabkan ASI stop dan baby menjadi ketergantungan SuFor 😔.. Jadi jangan berikan baby SuFor sejak dini ya, kecuali indikasi dari dokter anak.. next time aku share ya tentang keutamaan ASI..

3. Pumping rutin dan Power pumping

Konsep pumping sama dengan menyusui sesering mungkin.. pada awal menyusui, pumping dilakukan untuk memperlancar dan memperbanyak jumlah ASI.. salah satunya dengan pumping tiap 2-3jam atau tiap setelah menyusui jika PD masih terasa kencang.. pumping yang rutin dapat meningkatkan demand ASI loh 😀..

Jika busui ingin meningkatkan jumlah ASI secara cepat dan banyak.. bisa loh coba power pumping.. aku pernah coba dan ngaruh banget.. begini caranya:

✅ Pumping di antara jam 10 malam - 7 pagi, saat hormon prolaktin tinggi

✅ Dengan single pump: pumping kanan 10 menit, istirahat 10 menit, pumping kiri 10 menit, istirahat 10 menit, pumping kanan 10 menit, istirahat 10 menit, pumping kiri 10 menit

✅ Atau dengan double pump: pumping 20 menit, istirahat 10 menit, pumping 10 menit, istirahat 10 menit, pumping 10 menit

✅ Lakukan 3-4 hari berturut-turut dalam 2 minggu

✅ Lakukan rutin untuk maintanance produksi ASI

Banyak banget kan yang bisa dilakukan untuk memperbanyak ASI.. yang paling penting, berdoa juga yah.. insya Allah niat baik busui memberikan yang terbaik untuk baby dipermudah Allah SWT 😀..

Semoga bermanfaat ya !

You Might Also Like

0 Comments